Awan Cumulonimbus - Pengertian, Gambar, Proses Terjadi,

Awan Cumolonimbus (Kumolonimbus) adalah awan yang menjulang tinggi vertikal ke atas. Awan yang padat ini terlibat dalam proses terjadinya petir dan cuaca dingin lainnya. Awan ini dapat menimbulkan petir dari jantung awannya. Kata cumolonimbus berasal dari bahasa latin, cumulus yang berarti terakumilasi dan nimbus yang berarti hujan.

Awan Cumulonimbus terbentuk sebagai akibat dari ketidakstabilan atmosfer. Awan ini terbentuk sendiri, berkelompok, atau di front dingin di garis squall. Entah daerah apa ini saya juga kurang begitu paham.

Awan ini biasanya berada pada ketinggian 2.000–16.000 m (6.500–60.000 ft).Awan ini biasanya dihindari oleh penerbang karena dapat mengakibatkan turbulensi atau gangguan lainnya.

gambar awan cumulonimbus


Proses Pembentukan Awan Cumulonimbus

  • Proses Awan Yang Dibawah Oleh Angin: Awan cumulonimbus terbentuk ketika angin membawa beberapa awan kecil (awan cumulus) ke daerah tempat berkumpulnya awan-awan ini. 
  • Proses Penyatuan Awan-Awan Kecil: Proses ini ketikan Awan-Awan kecil Yang dibawah Oleh Angin Bersatu Dan menjadi awan yang lebih besar.. 
  • Proses Penumpukan Awan: Ketika awan-awan kecil ini bersatu, dorongan ke atas pada bagian dalam awan yang semakin besar ini meningkat. Dorongan ke atas pada bagian tengah awan lebih kuat dibandingkan dengan pada bagian pinggir. Alhasil tubuh awan ini tumbuh semakin besar secara vertikal, sehingga seolah-olah awan ini ditumpuk-tumpuk. Pertumbuhan ke atas ini menjadikan tubuh awan mencapai daerah yang lebih dingin pada lapisan atmosfer atas. Di sanalah tetesan-tetesan air dan butiran es terbentuk dan mulai tumbuh semakin besar. Ketika butiran air dan es ini telah lebih besar dan berat dibandingkan dengan dorongan ke atas yang menyangga mereka, jatuhlah air dan es ini sebagai gerimis, hujan ataupun hujan es.
Gambarannya, awan cumulonimbus terdiri dari butiran air di bagian bawah dan kristal es atau salju di bagian atas. Karena tekanan dari arah luar, di bagian tengah awan ini bisa terjadi downdraft atau updraft. Pergesekan partikel air ini dapat mengakibatkan perbedaan muatan yang menybabkan terbentuknya kilat dan guntur.



1 comments:

  1. Ngeri Gan, Indonesia kaya awan ini sebaiknya cipta pesawat anti awan ini

    ReplyDelete